Pelajaran berharga dari film The Accidental Husband (2009)

accidental-husband-posterBaru selesai nonton The Accidental Husband. Bercerita tentang Dr. Emma Lloyd ( Uma Thurman) seorang konsultan spesialias masalah hubungan pria – wanita. Emma yang sebentar lagi akan menikah dengan Richard Bratton (Colin Firth) mempunyai banyak penggemar atas talk show radionya dan bukunya yang baru terbit: True Love.

Sekali waktu seorang wanita berkonsultasi padanya apakah pria yang akan dinikahinya adalah pria yang tepat. Dan Emma bilang ‘Apakah kamu yakin dengan perkawinanmu dengan dia akan langggeng, karena …% pernikahan dengan pria sepertinya akan bubar dalam waktu singkat’. Atas masukan dari Emma, wanita ini lantas membatalkan pernikahan nya dengan Patrick Sullivan (Jeffrey Dean Morgan) seorang petugas pemadam kebakaran.

Patrick yang kemudian merana karena diputuskan oleh wanita idamannya, lalu melakukan balas dendam.
Bagaimana kemudian kehidupan Emma dirusak oleh Patrick ? Apalagi ketika Emma akan mendaftarkan diri akan menikah dengan Richard di catatan sipil, Emma dinyatakan oleh catatan sipil sudah menikah dengan Patrick !. Nonton sendiri lah yau… !

Setiap cerita pasti ada pesan moralnya. Dan pesan moral disini adalah : Jangan pernah memberikan tanggapan atau saran dimana anda sendiri tidak mengetahui bagaimana pokok persoalannya, bagaimana memposisikan diri sebagai orang orang yang terlibat dalam keputusan anda (tidak menyertakan empati).

Coba bayangkan bagaimana jika seorang audit menemukan sebuah kasus di sebuah departemen, lalu tanpa meneliti lebih dalam dan mencari keseimbangan atau keadilan bagi tertuduh, sehingga si tertuduh lalu dikenakan hukuman, dan yang bersangkutan merasa tidak bersalah, terus merana karena kehilangan pekerjaan atau orang yang dicintai ?.

Karena itu, anda sebagai seorang konsultan atau apapun pekerjaan yang melibatkan putusan atas nasib orang lain, maka seyogyanya menyertakan empati dan rasa keadilan serta keseimbangan dan kebijaksaan dalam memberikan ‘judge’ atau tuduhan, sebelum penderitaan orang yang belum tentu bersalah itu menjadi ‘dosa’ yang harus anda bawa seumur hidup !.

One response to “Pelajaran berharga dari film The Accidental Husband (2009)

  1. kayaknya seru nih😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s