Slumdog Millionaire: Chasing First Love Which Is Written.

Rating : Five Star ! *****, One of the Best Film Of The Year

Film terbagus yang saya tonton tahun lalu adalah ‘The Kite Runner‘. Film luar biasa dari sutradara Marc Foster yang diangkat dari novel karangan Kaled Hosseini yang bercerita tentang perjalanan lahir dan batin bocah afghanistan hingga ia dewasa.

slumdog_millionaireAwal tahun ini saya temukan lagi film yang juga luar biasa: Slumdog Millionaire arahan sutradara Danny Boyle dan Loveleen Tandan. Dibintangi oleh Dev Patel sebagai Jamal, Anil Kapor sebagai Host Who Wants To be A Millionaire dan Freida Pinto sebagai Latika.

Luar biasa cara bertuturnya, luar biasa cara penyajian sinematografinya, luar biasa iringan musiknya, luar biasa pemerannya. Luar biasa, sebuah perjalanan hidup yang sudah menjadi takdir / suratan.

Bagaimana mungkin seorang Chaiwala / Pengantar Minum / Office Boy, dapat menjawab semua pertanyaan kuis Who Wants To Be A Millionaire dengan benar dan memenangkan jutaan rupee ?. Apakah ia jenius ?, apakah ia menipu ? apakah ia beruntung ? atau…. sudah takdir ?.

slumdog-millionaire-fl-021Bercerita tentang Jamal seorang OB yang mengikuti Who Wants To Be A Millionaire bukan untuk dapat hadiah, tetapi agar dapat ditemukan oleh kekasihnya yang hilang (Latika,  yang suka nonton acara kuis tersebut) dan dapat bertemu lagi.

It is a miracle ketika semua pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan dapat dijawabnya. Sehingga ia kemudian ditangkap polisi dan diinterogasi karena dianggap penipu. Tak disangka ternyata semua pertanyaan dan jawaban tersebut adalah bagian dari perjalanan hidup Jamal.

slumdog_jamalsitJamal kecil ( dimainkan oleh si kecil yang lucu Ayush Mahesh Khedekar)  dan Salim kecil (Azheruddin Mohammed Ismail) adalah dua kakak beradik yang tinggal di kawasan kumuh (slum) bersama ibunya yang bekerja sebagai tukang cuci. Saking kumuhnya dan rapatnya bilik bilik rimah mereka, tidak ada tempat bermain buat mereka. Sehingga mereka bermain di lapangan bandara yang ada disebelah perkampungan mereka.

Salim sang Kakak lebih nakal dari si adik. Namun si Adik punya tekad dan kemauan yang sangat  kuat. Sehingga ketika terkunci di WC umum diatas kali kecil, ia nekad nyemplung kedalam comberan hanya untuk mengejar Amitabh Bachan untuk mendapatkan tandatangannya.

Ketika terjadi kerusuhan antar kampung, ibu mereka tewas dan mereka melarikan diri bersama Latika, seorang gadis kecil yang mereka temukan di tengah kerusuhan.

Mereka kemudian hidup luntang lantung di tempat pembuangan sampah hingga akhirnya ditampung oleh Maman (seorang preman jalanan) untuk dijadikan pengemis jalanan.

Ketika Jamal hendak dilukai oleh Maman, Salim mengajaknya melarikan diri dengan naik kereta api, namun Latika ditinggal bersama Maman. Merekapun berusaha mengais rejeki dari gerbong ke gerbong kereta hingga terdampar di lingkungan istana Taj Mahal.

Disini mereka besar sebagai penjahat kecil yang suka mencuri dan menipu. Hingga kemudian menjadi remaja, mereka bekerja di sebuah restoran sebagai tukang cuci piring. Pada saat inilah Jamal mulai mencari keberadaan Latika, cinta pertamanya yang hilang.

Ketika akhirnya ia tidak kuasa untuk bertemu Latika, ia kemudian mendaftarkan diri untuk ikut Who Wants To Be A Millionaire agar Latika (yang menyukai acara ini) dapat melihatnya dan menemuinya.

Mau tahu lanjutannya ? Nonton saja. Film bagus sperti ini jangan dilewatkan!

Film ini memenangkan 5 Critics Choice Award(Best Film, Best Young Performer, Best Director, Best Screenplay, Best Composer) , 4 Golden Globe Award ( Best Motion Picture, Best Director, best Screenplay dan Best Original Score), 7 BAFTA Award (Best Cinematography, Best Director, Best Editing, Best Film, Best Music, Best Screenplay, Best Sound) dan dinominasikan dalam ten Academy Award (Best Director).

slumdog-millionaire_dev_freida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s