USB- Produk IT Paling Sukses Dan Paling Gagal

(versi Tomorrow Newspaper Today, klik disini)

Kalian tahu USB kan ?, itu salah satu model konektor (I/O) perangkat komputer maupun elektronik lainnya yang palin gpopuler sekarang ini. Implementasinya telah merubah banyak dalam perkembangan dunia TI. Beberapa hal yang bisa dicatat disini, peran USB dalam merubah dunia TI antara lain :

  1. Hilangnya penggunaan disket floppy,
  2. Penggunaan USB di hampir semua peralatan komputer, mulai dari keyboard, mouse, fashdisk, External, Harddisk, modem, printer, dll. ,
  3. Penggunaan USB di luar dunia komputer, seperti TV, DVD player, MP3/radio/music player, kamera digital, gadget anda, didalam mobil anda, bahkan penggunaan USB untuk peralatan professional seperti peralatan seismograf, peralatan kedokteran ,peralatan militer dam peralatan professional lainnya,
  4. Berkurangnya penggunaan media seperti Mini DV dan DVD sejak transfer data dari peralatan tersebut telah menggunakan USB.

Namun ironisnya, USB pun yang pada akhir abad 20 didisain untuk efisiensi namun lebih cepat dari segi transfer data, ternyata tidak berhasil memenuhi harapan penciptanya.

USB atau Universal Serial Bus didisain untuk efisiensi penggunaan konektor antar peralatan komputer. Sepuluh tahun yang lalu, peralatan komputer memiliki berbagai macam standar koneksi. Koneksi antara PC dengan keyboard, mouse, disk, printer, berbeda beda. Termasuk juga peralatan lainnya.

Dengan adanya USB, semua menjadi efisien, karena konektifitas antar peralatan kini menjadi satu standar. Namun salah satu konsep efisiensi USB yang tidak tercapai adalah disain untuk koneksi secara serial. Setiap PC maupun perangkat – perangkatnya diharapkan hanya memiliki satu koneksi USB input dan output. Sehinga misalnya, sebuah PC hanya bisa dicolok oleh salah satu perangkat, misalnya Keyboard, lalu mouse dicolok ke Keyboard, Printer dicolok ke mouse. Demikianlah yang diharapkan oleh penciptanya sehingga setiap perangkat lebih efisien dalam menempatkan I/O port ditubuhnya.

Dengan kegagalan ini, apabila dalam 5 tahun kedepan tidak terjadi perubahan, maka barangkali nama USB kita usulkan saja untuk dirubah menjadi UPB atau Universal Parallel Bus.

(ITJ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s