Pamer Koleksi Novel Bung Smas: Noni

Noni tinggal di Semarang. Gadis ini badungnya bukan main. Tapi semua sayang Noni. Termasuk Preman Semarang: Godek, yang berhutang budi sama Noni karena pernah diselamatkan dari kematian dan kejaran Polisi.

Semenjak kenal Godek, Noni jadi punya petualangan -petualangan yang berbahaya dengan teman temannya.

Ceritanya asik. Sayang Bung Smas tidak membuat novel novel serial seperti ini lagi.

(sayang fotonya agak buram. Mudah mudahan sempat di FOto ulang dengan kualitas lebih baik).

50 responses to “Pamer Koleksi Novel Bung Smas: Noni

  1. mas aku pencinta berat serial cerita noni, dulu aku punya lengkap bukunya, tapi sayang buku2 tersebut tak lagi terlihat . Ceritanya benar2 msh terbayang samapi sekarang pdhl sdh hampir 20 tahun. Tokoh Noni benar2 TOP BGT.. ingin sekali memiliki kembali koleksi serial noni kembali. kalu ada yg punya dan mau menjualnya, kontak aku di 021-98581212

    • Apa kabar Mas Andy.
      Ternyata banyak juga fans Noni. Salam kenal. Maaf baru ditanggapi sekarang. Sayang memang novel serial ini sudah sangat jarang dipasaran. Saya sendiri sebagai kolektor sangat menyayangi koleksi ini, walaupun umur sudah tua. Alhamdulillah anak anak saya yang sudah remaja suka membacanya.
      Salam.

  2. wahh!!
    kisah-kisah petualangan noni tu kerenn banget!! meski baru mulai baca 1 tahun lalu dan boleh pinjam dari teman SMA.. tapi saya ngefans berat sama noni.. pengen deh punya bukunya,, ada yang mau ngasih???
    sumpah tu buku bagusss banget..

  3. Koleksi Noni saya sebelumnya juga lengkap. Tapi sayangnya sekarang saya kehilangan Seri 3-6. Tapi ternyata Mizan nerbitin edisi barunya ya. Ada yang ga berubah ga ya? karena setting ceritanya kan Semarang tempo saya SD, jadi udah jadul banget. Semarang fair dah ga ada lagi, udah banyak mal dll. Saking tergila-gilanya saya dengan si Noni ini. Pekan lalu saya dinas ke Semarang dan saya sempat ke Krapyak nyari Jl. Subali Makam dan Subali Raya. Ketemu semua!!! Patung Hanoman yang lagi joged juga tetap ada. Cuma saya ga nemu rumah Pak Baladewa. Rumah tante Dokter juga ga ada. Sebenarnya saya ingin tanya langsung sama Bung Smas tentang ini. Beliau bisa dikontak di mana ya???

  4. Setahu saya Bung Smas tinggal di Bekasi. Noni katanya dicetak ulang oleh Mizan. Tapi saya cari di toko buku koq ga’ ada ya….. apa belum terbit ..?
    Hebat ya.. napak tilas Noni…. sampai ke Krapyak. Bung Smas jangan janagn dulu tinggal disana. Ayo kita cari info tentang Bung Smas ( alias Sam. S).

  5. argh.. sampeyan bikin ngiri saya,
    itu salah satu buku favorit saya…
    anda beruntung, sangat

  6. Salah satu masterpiece Bung Smas
    Selain itu masih ada Pulung dan Keluarga Sirkus
    Beruntung sekali mas anda masih memiliki koleksi2 tersebut, punya saya semuanya hilang. Tapi waktu di Surabaya saya sempet membacanya lagi lewat persewaan yang ternyata masih menyimpan novel2 jadul…

  7. terimakasih tangapannya. Salam dari sesama pencinta karya karya Bung Smas.

  8. Dari situs penerbitnya, bisa dilihat kalau mereka memang menerbitkan ulang kisah-kisah Noni. Tapi yang saya lihat di situ, cuma ada 3: Nyanyian Ibu, Hantu Penculik sama Lawan Paling Berat.
    http://www.mizan.com/index.php?fuseaction=buku_list&opp=2&penulis=%22Bung%20Smas%22
    Nggak lucu juga seandainya mereka menerbitkannya secara acak, atau pilih-pilih yang mana yang mau diterbitkan terlebih dahulu. Dan harganya… lebih dari 10 kali lipat harga Noni terbitan pertama yang cuma Rp 2000. Masuk akal sih, tapi untuk paperback, Indonesia masih tergolong mahal kayaknya.

  9. setahu saya ada 14 seri noni, gambar diatas kurang episode satu kayaknya (Nyanyian Ibu) sayang,k oleksiku cuma sanggup mendapatkan 7 diantaranya. benar-benar top dan klasik. itu bacaan anak-anak yang tidak ada duanya……

  10. noni… kegemaranku pada waktu SMP. noni is one of the best di antara buku-buku genre detektip cilik tahun 80-an

  11. Serial Novel favorit saya ada 2 NONI & PULUNG, koleksi saya waktu SD lengkap tapi sayang karena pindah rumah dan bertambah usia akhirnya buku-buku tersebut terlupakan… alur ceritanya asyik dan lebih bisa di terima akal anak indonesia saat itu, berbeda ketika kita membaca trio detektif atau 5 sekawan pada zaman itu… Salut dan bangga buat Bung Smas

  12. hallo..saya suka banget sama noni..bisa tolong kalo ada yang mau jual koleksi lengkapnya..saya cari2 sekarang tidak ada..btw tau bung smas bisa di kontak dimana?

  13. Sy jg ngefans bgd sm Noni.. Dulu tante2 sy yg ngenalin sy sm Prita Baladewa,kt mereka sifat’y Noni mrip dg sy. Sy pgn bgd koleksi serial Noni..mhon info’y

  14. waaaah…Noni bacaanku waktu SD.. bener2 teringat, sayangnya ga lengkap.. setelah kerja di Semarang lsg ke pasar Johar..jauh jg dr Johar..hehe

  15. gut nyus…
    saya sudah melengkapi koleksi NONI saya lagi…sayang msh kurang 2 judul lagi : “Peragawati dari Krapyak” dan “Emas Impian”…n KELUARGA SIRKUS saya KOMPLIT….skrg tinggal ngelengkapin ASTRID🙂

  16. papario, seandainya anda bersedia melepas koleksi pulung dan utamanya noni mohon hubungi saya untuk mendiskusikan biaya penggantinya. mid 80 an koleksi saya masih lengkap tapi ketika saya pindah dari semarang koleksi saya hilang semua. ditunggu segera penawarannya, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

  17. salam, saya dari lombok.
    penggembar berat bung smas. dua orang dari semarang saya tanyatakan ttg dia. jurnalis dan dosen. mereka dak tahu. sedihnya…noni…pulung…saya berharap 3 anak lelaki sayapun membaca novel anak-anak yang saya baca sejak 1 SMP itu…keluarga sirkus….pulung yang taat dalam didikan keluarga jawa. he…asik
    kalaupun ada saya minta satu saja koleksi noni….atau pulung….
    tentu saja tak mungkin ada yg kasi….tapi saya bahagia ketemukomunitas penggemar Noni…bunga mawar patah ujungnya….berarti godek dalam bahaya/……

    pikong Lombok

    • Salam juga. Senang bisa berkomunikasi dengan penggemar karya Bung Smas. Pulung dan Noni adalah salah satu dari sekian koleksi harta karun saya yang belum bisa saya lepaskan.

  18. sri (ade) hartati

    Salam Noni….duh kangen banget sama serial itu, dulu saya punya hampir komplit, sekarang tingal satu yg kesisaan “Pelukis Misterius”….dicetak ulang donk….
    Mas Mamet, dapat koleksi Noni nya dimana???Infonya donk….

  19. dapetin novelnya sekarang dimana ya??cuma punya satu dan itu ilang pula T_T

  20. Mas, saya mau dong koleksi noni nya. Mungkin biaya penggantinya bisa dibicarakan. Terima kasih.

  21. Salam.
    saya juga mengoleksi novel Noni tapi ada beberapa buku yg saya belum punya. Saya bisa minta info dimana saya bisa dapatkan novelnya? difotokopi juga nggak papa deh daripada nggak ada sama sekali. Tolong bantuannya ya… terimakasih. Salam.

    • Salam Mbak Mel, susah memang sekarang nyari bukunya. Difotocopy… ?. Ssaya pernah menjanjikan seseorang untuk itu, tapi sampai sekarang belum terlaksana, karena kesibukan. haduh.. mmaaf.

      • akhirnya dari berbagai macam perjuangan tanpa kenal lelah dan malu minta2 tolong orang yg nggak dikenal (termasuk panjenengan hehehe) saya berhasil dapatkan beberapa judul dengan membeli dari toko buku bekas online di fb… yg agak susah yg Sakura Berduri dan Emas Impian. Tapi tetep harus bisa dapatkan koleksi lengkap semua 13 judul!

      • Alhamdu…lillah. Semoga bisa dapetin komplit.

  22. Salam Noni…
    Ternyata masih ada yach penggemar Noni si detektif cilik dari Krapyak…
    ada pengalaman lucu…kebetulan aku n abang senang baca Noni dan pas abangku jalan2 ke Semarang ma Istrinya dia bilang ma istrinya kalau dia punya teman namanya Noni tinggal di Krapyak, kalau mau tau tanya aja sama adik aku.
    Rupanya istrinya agak cemburu langsung nanya ke aku emang bener kenal sama Noni, siapa sich dia?? terus aku jawab sambil ketawa ” cemburu nich yee, itu mah tokoh cerita karangan bung Smas, hahaha kakak iparku jadi malu…
    sekarang juga kalau pas mudik lewat semarang aku selalu ingat sama NONI..
    sayangnya aku belum semua baca koleksi bukunya hikssss

  23. noni prita baladewa

    salam Noni, ……
    aduh jadi kangen pengen baca serial Noni lagi.
    ini bacaan saya waktu SD.
    ceritanya bagus banget untuk saat itu.
    Sayang buku – buku saya sudah lenyap entah kemana.
    Saya jadi iri mas masih bisa menjaga koleksi buku – bukunya.

  24. Gara-gara Noni, saya keranjingan wingko babat! Selama SD hampir tiap hari beli di toko kue dekat sekolah. Eh kenapa yah kualitas wingko saat ini ga seenak dulu?

  25. sukaaaaaa banget ama novel ini. dulu saya punya semua koleksinya. seiring dg harus pindah rumah dan berkeluarga, novel2 ini entah kemana. huhuhuuuuu…nyeseeeellll nyeseeelllll enggak ngerawatnya

  26. buat yg pengin ngedapetin seri Nyanyian Ibu, bisa dapet di Mizan ini
    http://www.mizan.com/index.php?fuseaction=buku_full&id=1220
    tapi ilustrasi barunya kurang sreg deh… apa karena udh terbiasa dg yg keluaran jadul ya😀

  27. Wuiihh.. Lengkapnya.. Bikin iri hehe
    Saya juga suka sekali cerita ini, saya bacanya pas SD – SMP (sekitar tahun 90an), itupun beli di loakan.

    Yang diterbitkan ulang mizan beda banget, bahasanya dipermodern, dipersingkat, jadi kurang detai.. Ga seseru aslinya lah.. Rambut noni digambarkannya pendek kaya krisdayanti.. Haduuuhh.. Kayanya kurang cocok gitu..

    Dimana ya bisa dapat versi aslinya sekarang ini?

  28. Noni dan Pulung adalah salah satu dari sekian banyak buku masa kecil yang mempengaruhi cara hidup saya, jadi agak lucu2 juga kalo di inget2, dulu saya suka bikin surat rahasia yg ditulis pake sabun atau pake air jeruk, pembaca noni pasti udah tau deh

    dan gilanya gara2 terinspisari sama godek, saya pernah pergi ke pasar dengan mata sebelah di picek2in dan mulut di miring2in, ini ceritanya meniru godek utk melakukan penyamaran hehehehe

    dan dari pulung saya jadi terinpirasi utk jadi pria yang berani dan suka silat😀

  29. waktu aku SD mbaca novel Pulung judulnya DANG LEGIMAN, ceritanya seru banget dan mendebarkan…tapi sayang bukunya hilang, aku kangen lagi mbaca serial si Pulung walau usia sekarang udah kepala tiga..ingin nostalgia gitu, ku tanya sama mbah google tentang pulung akhirnya dapar versi PDF nya, judulnya ,”Mencari Nansi” dan ‘Misteri Boneka Gayung”, lumayan bwt mengobati kerinduan sama karya2 Bung Smas…

  30. Ping-balik: bung Smas | blog auk

  31. Ternyata banyak ya pencinta Noni, komentarnya banyak banget, hihihi…

    Ngiri lihat koleksinya, Mas. Saya tinggal di Krapyak sampai SMA, Ibu masih di sana sih sampai sekarang. Waktu kecil saya sering sepedaan lewat penjahit Noni.

    Setelah belasan tahun berlalu, entah kenapa, tiba-tiba hari ini saya teringat Noni. Tulisan ini yg keluar di laman pencarian pertama dari komputer saya. Andai bisa ikut numpang baca lagi, hehehe…

  32. waktu SD saya suka sekali baca Noni,hampir semua sudah saya baca,buku cerita serial Noni adalah buku cerita favoritku,saya juga ingin membaca lagi,sayang buku-buku novel Noni saya sudah tak tahu di mana, kalau serial pulung saya punya dua : Mencari Boneka Gayung dan mencari nansy.

Tinggalkan Balasan

