Being A Manager

Saya sudah beberapa kali diangkat menjadi Manager di beberapa departemen. Mulai dari TI, Customer Service sampai Marketing. Banyak hal yang bisa kita pelajari, tapi ada satu hal yang menarik menjadi seorang Manager.

Menjadi Manager di satu Bagian tidak berarti kita hanya harus menguasai bidang di departemen itu, Misalnya TI. Kita memang perlu tahu perkembangan dunia TI, software, hardware, sistem operasi, jaringan dan lain lain. Tapi yang perlu diperhatikan bahwa kita sebenarnya juga menjadi Multi Manager, yaitu :

Manager SDM. Sejak kita harus mengelola anak buah dibawah kita, otomatis kita juga menjadi Manager SDM di lingkungan departemen kita. Kita harus menjaga situasi kondusif, ktia harus memperhatikan kebutuhan dan goal masing – masing personal, kita harus menilai, menghukum dan mempromosikan anak buah kita. Kita harus menciptakan kader utnuk pengganti kita kelak kalau kita dipromosikan kembali.

Manager Keuangan. Sejak setiap bagian memiliki anggaran tahunan masing – masing yang harus dipertanggung jawabkan kepada Direksi, maka kitapun berperan sebagai Manajer Keuangan yang setiap periode harus melihat saldo ‘Neraca’ dan ‘Laba Rugi’ anggaran kita. Bila ada anggaran yang belum dipakai, harus di pakai, dan semua angagran harus dijaga agar selalu efektif dan tidak berlebihan.

– Manager Umum. Sejak semua SDM kita menggunakan perangkat kantor, maka kitapun berperan sebagai manajer umum yang harus menjaga setiap barang dan perangkat kantor selalu bekerja secara efektif dan tidak rusak atau tidak terpelihara.

– Manager TI. Sejak segala operasional kerja anda diharuskan berbasis TI agar tercipta efisiensi dan efektifitas, maka anda harus mendisain sistem kerja berbasis TI. Segala pekerjaan anak buah harus bisa dibantu sistem komputer. Segala formulir harus di input kedalam komputer. Segala laporan harus keluar dari sistem. Anda lah yang mendisain semua.

– Manager Pemasaran. Sejak anda ditugaskan untuk memimpin organisasi departemen anda, maka tugas anda untuk memajukan kinerja departemen anda. Anda harus melancarkan segala pekerjaan anak buah anda terutama yang terkait dengan pihak departemen lain jangan sampai ada kendala komunikasi. Tugas anda menjadi PR departemen anda agar pekerjaan departeman anda mendapat perhatian dari departemen lain dan tidak terhambat disana, anda perlu menjadi Marketer hasil kerja departemen anda kepada Direksi, agar segala ide, perbaikan , pengembangan, solusi atas masalah dan hasil kerja mendapat perhatian dan dinilai oleh Direksi seakan akan kita sedang menjual sebuah produk.

Demikianlah indahnya menjadi Manager / Pemimpin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s