Tokyo Tour 2008 : Nostalgia Journey Day 3 Part 3

Day 3: Night in Tokyo: Pengamen dan Mabuk Berjamaah

Malam ini peserta menginap di Crowne Plaza Hotel Metropolitan Tokyo. Terletak di Ikebukuro District. Begitu bis tiba, kita semua langsung diajak Andre makan malam di restoran Jepang pas seberang hotel. Kali ini kita duduk dimeja yang atasnya bisa berputar. Nasi sudah dibagikan ke pada masing masing. Begitu lauk pertama keluar: Ayam goreng. Semua ambil, saya nggak. Tapi sampai di akhir putaran, ayamnya habis. Lauk kedua keluar: Kepiting. Nah ini saya ambil. Muter lagi – abis lah dia. Lauk ketiga muncul: Udang. Ini juga enak dan habis seketika. Muter lagi: Lha.. kok abon sapi !. Ini pasti punya salah satu peserta. Ogah, ngapain ke Jepang kalo ketemunya abon lagi !.

Kenyaang. Semua kembali ke hotel. Di Lobby salah satu peserta protes, karena baru sebentar pergi ke toilet, sudah ditinggal. Jadi sekarang dia kelaparan. Kasian ibu ini. Biar ini urusannya Rita sama Andre lah !.

Andre kemudian membagikan kunci kamar, dan mengumumkan bahwa barang siapa yang berminat kembali ke Shinjuku untuk nonton striptease, Andre menunggu di bawah jam 8 malam ini.

Saya terus masuk kamar. Lagi lagi sendirian. Rita ini gimana sih ngatur kamar peserta. Kirain cuma kemaren doang tidur sendirian. Habis mandi, tiba tiba beberapa peserta dari Jakarta nelpon. Minta ditemenin jalan – jalan.

Di Lobby mereka sudah menunggu. Saya gak bisa nemenin mereka jalan jalan kalau perginya jauh. Apalagi ke Shinjuku !. Tapi rombongannya Andre udah gak kelihatan. Akhirnya kita sepakat untuk berjalan kaki saja ke sekitar hotel. Diluar udaranya sagat dingin. Jari jari tangan terasa beku. Kaos dalam, kemeja dan sweater saja gak cukup menahan dingin. Tapi untuk kondisi badan lagi fit. Jadi gak sampe menggigil dan bersin bersin.

Area hotel kebetulan dekat dengan beberapa tempat keramaian. Yaitu Seibu Dept. Store, Ikebukuro Station, Tobu Dept. Store dan Taman Ikebukuro. Sekitar hotel sih sangat sepi. Tapi seteleh lewat 100 meter kami tiba di sebuah plaza. Kami masuk dan turun kebawah ternyata masuk ke Ikebukuro Subway Station. Tuh kan, diatas sepi, disini luar biasa ramai.

Kami berlima cuman clingak clinguk. di tengah area stasiun ada orang bule lagi ‘ngamen’ paka string puppet. Ceritanya si boneka adalah maestro biola. Lucu juga. Temen temen ngajak naek kereta. Tapi begitu sampai di tempat penjualan tiket, pada bengong bengong doang. Abis gak tau mo kemana: Tulisan Kanji semua !.

Setelah ngalor – ngidul, kami semua naik kembali ke atas. Keluar keluar tiba di depan sebuah taman. Itu namanya taman Ikebukuro. Entah itu di Minami Ikebukuro Park atau Nishi Ikebukuro Park. Tapi jelas kita sudah gak tau lagi hotel ada dimana !.

Disini ramai sekali seperti pasar malam. Semua pria memakai jas, yang wanita memakai blazer. Dan mereka semua keluar masuk bar dan karaoke. Orang Jepang sepulang kerja sebelum pulang kerumah rupanya mabok mabokan dulu disini. Semua orang bau sake. Tapi jalannya pada lurus lurus aja tuh. Gak ada yang limbung. Udah biasa kali ya !.

Kami terus berjalan asal saja. Lampu lampu kota berkelap kelip warna warni. Gak tau artinya. Masuk ke AmPm beli minuman karena haus dan baca beberapa majalah dan komik jepang. Sempat juga mendengarkan pengamen jepang di pinggir jalan. Permainan gitarnya bagus bagus.

Semakin malam, semakin ramai orang orang berlalu lalang. Beberapa tunawisma terlihat mendorong gerobak. Ada tunawisma juga ya di Jepang. Kami masuk ke jalan jalan yang lebih kecil yang bisa dilewati oleh satu sedan saja. Kebanyakan disitu isinya bar tempat minum. Sudah tak ada lagi tempat – tempat belanja (kecuali AMPM atau 7eleven) suvenir atau lainnya.

Jam 23:00 kaki – kaki sudah penat. Cukup sudah nonton orang mabok berjamaah. Kami berjalan kaki mencari lokasi hotel. Tidak susah, karena 15 menit kemudian kita sudah sampai di hotel.

Di kamar hotel lantai 17 saya mencoba memfoto kota tokyo malam hari tapi gak berhasil. kamera ini cuman 2 megapiksel dengan fasilitas minim. Jadi yang kelihatan tetap saja kegelapan.

Oyasumi Nasai !, selamat malam semua. Good Night.