Alien in Action 2008

Tulisan Pertama di Tahun 2008. Agak terlambat memang. Maklum : Sibuk. Tapi ada sebabnya. Begini ceritanya:

Pada bulan Januari 2008 saya menerima SK pengangkatan jabatan saya menjadi Deputy General Manager atau Wakil Kepala Divisi per tanggal 2 Januari 2008. Wah, surprise !. Tapi tak seindah yang dibayangkan. Sudah naiknya nanggung, selama 3 bulan evaluasi, gaji tak naik tapi tanggung jawab lebih besar. Istilah umumnya evaluasi masa kerja 100hari. Bweheheheh….. belum tau mereka !. Mari kita lihat setelah bulan Maret, apakah saya tetap atau malah kembali turun. Of course, saya yakin dengan segala keyakinan – keyakinan yang ada – masa sih gak lulus ?.

Bicara keyakinan, saya merasa mirip dengan Fidel Castro. Dari filem biografinya yang saya tonton, dia teryata adalah seorang yang ‘Self Confident’ nya SANGAT tinggi. Berani beda karena dia yakin bahwa dia benar. Dan pada akhirnya dia cocok dijuluki sebagai ‘Alien’ (Lihat tulisan saya mengenai I’m An Alien). Seorang yang berbeda dan konfident dengan perbedaannya.

Dahulu, setelah jabatan Manager, ada General Manager (GM), lalu Direktur. Tapi entah kenapa tiba tiba muncul Jabatan Deputy GM dibawah GM. Disatu sisi saya merasa dilecehkan dan dicurangi. Enak bener dong para GM sekarang yang tidak perlu menempuh jalur jabatan Deputy GM !. Kenapa ?. Tapi tak apalah, saya memang tidak pernah menuntut apapun dari perusahaan. Segala sesuatu ada balasannya dari Tuhan. Mungkin saya belum dianggap cukup ‘mature’ tetapi perusahaan ‘terpaksa’ karena tidak ada calon lain. Tunggu saja tiga bulan lagi….
grrrrrr…..

By the way, saya merasa bersyukur. Bukan karena saya dipromosikan. Tetapi karena saya merasa dipercaya oleh Direksi. Saya pikir ini karena ‘Positioning’ diri saya yang saya ciptakan diperusahaan yang disampaikan langsung oleh salah satu Direksi pada saat saya Presentasi dan Wawancara Calon GM didepan Pemegang Saham : ‘Dia ( sambil menunjuk saya) ini adalah karyawan yang dikenal tidak menjadi bagian dari ‘kubu’ atau kelompok manapun diperusahaan’.

Artinya ?. Pelajaran apa yang bisa kita dapat dari sini ?.

Perusahaan ini selama 20 tahun sampai saat ini telah beberapa kali melakukan perubahan formasi baik di tingkat Top Manajemen lalu ‘menular’ sampai ke Low Manajemen dan staff. Dan setiap saat selalu ada saja yang merasa ‘disingkirkan‘ dan kebalikannya ada yang ‘di-anak emas-kan‘.

Setiap terjadi pergantian manajemen hal ini berulang. Sehingga timbullah kubu, kelompok, dendam lama, perasaan disingkirkan, kasak kusuk protes, kegiatan sabotase, dan lain lain yang notabene mengganggu dan melambatkan kinerja perusahaan.

Sekali lagi saya bersyukur karena semua orang disini melihat saya bisa berada dimana saja. Dengan memfungsikan diri sebagai PR (Public Relation) unit kerja saya, saya bergaul dengan siapa saja, masuk kelompok mana saja tanpa harus menjadi bagian kelompok tersebut. Semua dalam rangka KOORDINASI UNTUK MENYELESAIKAN PEKERJAAN. Baik pekerjaan sendiri maupun pekerjaan mereka. Kalo gak gitu, mana bisa pekerjaan di perusahaan beres.

Saya juga tidak pernah bergantung apapun kepada atasan kecuali perintah dan nasehatnya. Saya selalu berusaha – apa yang dilihat oleh atasan saya adalah hasil kerja saya. Sehingga putusan atas karir saya – semata karena produktifitas, dan bukan karena kedekatan, sukuisme agamaisme, almamaterisme, dll.

Saya rela untuk dijuluki ‘Alien’ disini. Saya tidak berpihak pada kelompok manapun. Pendapat manapun semua bisa benar, bisa salah, karena itu hukum yang manusia , maka tergantung kepentingan. Saya berpihak pada hukum Tuhan, yang benar adalah benar, yang salah adalah salah.

Salam.
(c)Papario, 29 Feb 08.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s