Hari Baik Bulan Baik

Note: Ini bukan untuk didebat tetapi kita berusaha untuk memetakan sebuah kondisi.

Terkadang ada orang yang mencari hari atau bulan baik untuk pindah rumah. Mereka mencari
tahu dari buku buku petunjuk atau menanyakan kepada orang yang tahu. Ada saja jawaban yang ditemukan bahwa hari baik / bulan baik itu adalah hari anu bulan anu.. dan hari anu serta bulan anu adalah hari atau bulan tidak baik.

Apabila kita menyatakan bahwa ada hari atau bulan baik, berarti ada pula yang tidak baik, sehingga pada saat itu anda tidak akan melakukan sesuatu, apakah anda yakin ?. Apakah anda meragukan Kemuliaan Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang ?. Apakah Allah memang menciptakan hari hari / bulan yang tidak baik buat kita ?. Apakah dalam perintah setiap hari untuk beribadah suatu saat kita akan dihadapkan dengan hari tidak baik ?.

Bulan Suci Ramadhan seringkali dijadikan alasan bagi kebanyakan orang untuk memperbanyak ibadah — karena kesucian bulan ini memberikan pahala berlipat ganda dan memberikan lebih banyak rahmat. Bahkan pada bulan inilah saat yang baik untuk bertobat.

Lantas apakah dengan begitu, dibulan lain ibadah kita lantas menjadi tidak seheboh di bulan Ramadhan ?. Apakah kita lalu boleh mengendurkan intensitas ibadah ? Atau bahkan kembali melakukan maksiat maksiat kecil maupun besar ? lalu bertobat lagi di Bulan Suci Ramadhan ?. Apakah dibulan lain kita tidak boleh bertobat ?.

Kebaikan Ramadhan atau bulan lainnya itu kembali kepada pelakunya. Kesucian Ramadhan tidak ada artinya bagi mereka yang tidak berusaha kembali ke fitrah dan secara konsisten menjaga kefitrahannya.

Peningkatan ibadah, berbuat baik, itu perlu dijaga secara konsisten. Bulan lain akan menjadi bulan yang lebih baik dari pada bulan lainnya bagi seseorang apabila pada bulan itu ia kembali ke fitrah, benar benar bertobat dan mulai secara konsisten menjalankan ibadah dan kebaikan.

Tidak ada hari atau bulan yang tidak baik buat seseorang untuk berbuat baik dan bulan baik akan menjadi hari naas baginya bila ia berbuat kebatilan.

Papario – 10 Oktober 2007
Sumber: Emha Ainun Najib dalam sebuah siaran radio.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s