Ramadhan: Satu Langkah Lagi Menaiki Tangga Keimanan

Alhamdulillah, bertemu lagi dengan Ramadhan tahun ini. Dan inilah saat yang paling baik untuk mereview keimanan kita. Apa yang sudah kita lakukan kemarin dan peningkatan apa lagi yang akan kita lakukan tahun ini.

Sering orang bilang terutama di televisi, pada saat ramadhan kita harus meninggalkan kebiasaan – kebiasaan lama dan mulai melakukan ibadah ibadah yang selama ini ditinggalkan. Pada saat inilah kita meningkatkan keimanan kita.

Hal ini seakan akan keimanan itu seperti ‘merry-go-round’ yang naik turun lalu naik lagi lalu turun lagi. menerus. Seakan akan, ramadhan itu seperti benteng keimanan sedangkan bulan lain, benteng itu tidak ada dan keimanan bisa turun lagi.

Padahal tidak seperti itu seharusnya. Memang betul, puasa itu mencuci dosa kita yang lalu. Tapi tidak berarti setelah ramadhan dosa atau kebiasan buruk itu boleh dilakukan lagi, dan ibadah yang sudah ditingkatkan bisa ditinggalkan lagi. Salah besar itu !. Salah besar !.

Peningkatan ibadah di bulan Ramadhan tidak naik turun seperti komidi putar, tapi berjenjang naik seperti tangga.

Kalau kamu sudah meninggalkan kebiasaan buruk di bulan Ramadhan, maka setelah ramadhan tetap kamu tinggalkan !. jangan dilakukan lagi !. Begitu terus setiap Ramadhan, semua kebiasaan buruk atau dosa akhirnya semakin banyak yang kamu tinggalkan.

Begitu juga ibadahmu. Jika tahun kemarin kamu sudah melaksanakan komplit sholat 5 waktu, maka sampai sekarang dan nanti tetap seperti itu, jangan bolong bolong lagi. Jika di ramadhan ini kamu sudah mulai mengerjakan sholat sunnat, maka sampai ramadhan tahun depan dan seterusnya sholat sunnat itu tetap kamu lakukan. Jika ramadhan tahun ini kamu sudah tidak pernah berbohong lagi, maka seterusnya kamu tidak berbohong.

Begitulah seharusnya Ramadhan. Seperti anak tangga yang kita naiki satu langkah setahun sekali. Setiap langkah berarti peningkatan kualitas keimanan dan pribadi yang sempurna.

Wassalam

(C)Papario, Ramadhan 1428H / September 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s