Tugas Pemimpin: Merubah Batu Menjadi Emas

Tau gak bro… kamu kamu yang sudah punya jabatan, baik itu supervisor, manager, kepala bagian, kepala divisi, direktur, etc etc (kamu punya anak buah dooong), apapun tugas dari atasan yang mengangkatmu.. intinya dia ingin kamu bisa merubah batu menjadi emas.

Artinya, setelah kamu mendapat tanggung jawab itu, apapun yang ada di organisasimu – harus bisa kamu rubah. Pekerjaan yang tadinya tidak lancar dan bermasalah berubah menjadi lancar dan produktif. Karyawan yang tidak bisa apa apa menjadi bisa bekerja, mereka yang tadinya hanya tahu bekerja ( yang itu itu saja) berubah menjadi orang yang bisa berpikir ( bahwa ada cara kerja yang lebih cepat, praktis, efektif dan efisien), mereka yang hanya bisa berpikir tanpa mampu melaksanakannya, menjadi orang yang bisa pula melaksanakan apa yang dipikirkannya, mereka yang berprestasi di hargai, dst.

Jadi, Kamu harus bisa merubah organisasimu dari organisasi penuh masalah atau organisasi stagnan menjadi organisasi yang terus menerus berubah ( kinerja menjadi baik dan lebih baik dan lebih baik lagi ).

Demikian pula para karyawanmu. Mereka adalah kumpulan besi berkarat yang harus ditempa menjadi pedang tajam. Kamu harus mengembangkan kapabilitas mereka, mau diajak berpikir, dan terbuka terhadap perubahan perubahan. Kamu harus pula menciptakan pemimpin – pemimpin baru disana. Setelah itu ciptakan pemimpin yang setara dengan kamu. Lalu ciptakan pemimpin yang melebihi kemampuanmu.

Kalo organisasimu masih masalahnya itu itu saja ato stagnan — maka kamu belum pantas disebut pemimpin. Kalo kamu belum menciptakan pemimpin baru, maka kamu belum pantas juga sebagai pemimpin.

Jadi, bertanggungjawablah kamu sebagai pemimpin. Jadilah pemimpin yang mempunya tangan ajaib, yang mampu merubah batu menjadi emas, merubah emas menjadi Berlian.

Footnote: Guru, Bapak dan sahabat saya – mantan Direktur perusahaan tempatku berkerja : Bp. Kasir Iskandar, pernah memberi nasehat berharga kepada saya : ‘Man, kalau kamu sudah diangkat menjadi pemimpin, maka serahkanlah tugasmu kepada bawahanmu dan tugasmu setiap hari adalah bermain golf’. This is the goal of a leader: to create a replacement leader.

3 responses to “Tugas Pemimpin: Merubah Batu Menjadi Emas

  1. yang sering malah pemimpin merubah anak buahnya dari batu jadi pasir ya boss..nambah ilmu aigatou

  2. wakakakak… di kantor saya itu dinamakan ‘rumput yang lebih tinggi harus di tebas…’…..
    dimana mana saja ada pemimpin yang seperti itu..tidak boleh ada bawahan yang lebih baik dari dirinya…..

  3. makasih… saya coba mampir sebentar di blog mas, mudah-mudahan ini berlanjut terus… hebat artikel ini. memang seorang pemimpin di bidang apa saja harus pintar-pintar mengelola/merubah, dan kreatif, inovatif supaya organisasi dapat berkembang pesat. jadi seorang pemimpin harus memberikan keteladanan kepada anak buahnya. amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s