Swarm Intelligent: Bekerja Ala Semut

Artikel ini saya ambil dari koran KOMPAS Minggu tanggal 29 Juli 2001 ditulis oleh Yuliana, seorang Konsultan senior dari Experd. Agar gagasan mengena, saya kutip persis – persis seperit dibawah ini:

Pada suatu hari saya dipertemukan dengan seorang yang sangat berkesan. Ia adalah seorang kandidat yang harus saya wawancarai. Bukan penampilannya yang berkesan, melainkan cerita tentang pengalaman kerjanya sebagai seorang staff keuangan. Bila saya cerna kembali, pengalaman kandidat itu telah membeirkan insight baru tentang apa yang namanya ‘bekerja efektif dan efisien’.

Kandidat itu bercerita, suatu ketika ia diundang oleh tim inti SAP untuk menjelaskan alur kerja divisi Keuangan dalam rangka pembuatan Business Process dalam rangka penerapan SAP di perusahaannya.

Sebelum berinteraksi dengan tim tersebut, ia lalu mebuat catatan sendiri tentang program-program komputer yang sudah dikuasainya, karena ia ingin knowledge-transfer tentang SAP bisa terjadi secara cepat. Kebetulan anggota inti tim SAP pun memberikan informasi SAP secara lengkap, sehingga dalam waktu singkat ia dapat segera memahami seluk beluk SAP. Kemudian, ia mensosialisasikan konsep SAP kepada rekan – rekan dari divisi lain sampai akhirnya ia menjadi salah satu anggota tim inti SAP itu sendiri. Akibatnya tujuan dari penerapan SAP di perusahaan itu segera terwujud dengan sangat baik.

Sekilas apa yang sudah dilakukan kandidat itu cenderung mencerminkan seorang karyawan yang punya inisiatif tinggi, rajin dan mau belajar. Namun lebih dari itu, is dan segenap tim SAP telah menunjukkan suatu perilaku kolektif yang sangat efektif dan efisien yang dinamakan ‘Swarm Intelligence’ atau bekerja ala semut.

Secara sangat fleksibel si kandidat menjalankan perannya sebagai wakil dari Keuangan. Ia tidak saja peka bahwa perlu memahami konsep SAP itu sendiri dan tidak hanya bertugas memberikan informasi tentang alur kerja keuangan saja. Melainkan langsung mengupayakan belajar SAP secara cepat dengan mandiri. Meskipun tidak didampingi atasan dan juga tidak diberi instruksi lain diluar memberi informasi Keuangan, ia mampu mengatur langkahnya sendiri untuk belajar SAP sampai dengan ikut berperan sebagai ‘Humas SAP’ di seluruh organisasi.

Dilain pihak, kontribusi yang ditunjukkan oleh anggota tim inti SAP lainnya juga semakin menyempurnakan koordinasi di dalam tim SAP tersebut. Mereka memberikan kesempatan kepada si kandidat untuk mendalami seluk beluk SAP dan tidak hanya berfokus pada peran awalnya saja sebagai wakil dari Keuangan. Mereka juga tidak segan segan menjadikan si kandidat sebagai Public Relation untuk konsep konsep SAP ke seluruh perusahaan.

Konsep ‘Swarm Intelligence’ yang diilhami dari cara kerja semut memang menunjukkan kemampuan orang – orang di dalam sebuah kelompok untuk menetapkan langkah kerjanya sendiri, tanpa perlu menunggu perintah dulu, namun tetap dengan satu tujuan yang sama, yaitu tujuan kelompok.

Lebih dari itu, orang –orang didalam kelompok dengan ‘Swarm Intelligence’ bahkan juga bisa cepat memikirkan alternatif cara kerja yang bisa lebih efisien dan efektif, tanpa terpaku pada aturan standar yang berlaku. Tidak saja si kandidat bisa lepas dari rutinitas Keuangannya, melainkan anggota tim inti SAP juga memperkenankan bergabungnya si kandidat didalam tin mereka.

Bagaikan semut semut yang meskipun bergerak sendiri – sendiri tetap mampu membentuk suatu koordinasi yang rapi demi mencari sumber makanan, si kandidat dan anggota inti inti SAP yang sebenarnya punya peran sendiri sendiri juga saling mengisi dan berkolaborasi sampai tercapainya sasaran proyek SAP.

Dengan meniru cara kerja semut, perusahaan – perusahaan raksasa di dunia telah berhasil melipatgandakan revenue mereka. Siapa tahu kini giliran perusahaan anda ?.

****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s