Look Who’s Talking (Part 2:Kerendahan Hati)

(C)Papario, Mei 2007

Edited 29 November 2008 ( two first paragraph added)

Saya ingat beberapa minggu lalu menyaksikan ceramah Mario Teguh tentang Sukses dan Percaya Diri. Dikatakannya, kombinasi minder dan sombong akan membuat orang menjadi sukses yang rendah hati. 

Saya juga ingat Wawancara CNBC dengan Warren Buffet, orang terkaya di dunia namun tidak pernah masuk kehidupan jet set dan selalu hidup bersahaja. BUffet memiliki perusahaan Berskhire Hathaway denagn 63 anak perusahaanya. Beliau memberikan kepercayaan penuh kepada para CEO & staff ahlinya yang muda muda, memberi tugas satu kali dan tidak pernah mengadakan rapat dengan mereka hingga waktunya rapat tahunan.

Dengan merendahkan hati, maka kita dapat membangun seorang manusia sukses yang percaya diri namun dapat rendah hati. Seorang Bapak dapat membangun anaknya menjadi seorang yang lebih unggul dari teman-temannya bahkan orang tuanya. Seorang Guru dapat membangun murid-muridnya berkompetensi lebih tinggi dan lebih berprestasi. Seorang Atasan dapat membangun karyawan yang handal dan membantunya meningkatkan kualitas kinerja unit kerja yang dibawahinya.

Dengan demikian – bukankah keberuntungan adalah milik orang yang rendah hati ?.

Lantas bagaimana seorang anak atau murid atau karyawan dapat menyampaikan sebuah kebenaran kepada orang yang tinggi hati ?. Ya – seringkali seorang harus ‘tricky’ alias cerdik. Kuncinya adalah : Sampaikanlah informasi pada waktu dan cara yang tepat.

Seorang yang tinggi hati perlu dijunjung egonya. Apabila itu sebuah teguran, maka sampaikan bahwa teguran itu untuk anda bukan dia. Apabila itu sebuah ide, kesankanlah bahwa ide itu dari dia bukan dari anda. Dari sini anda dapat menyadari bahwa anda sebenarnya lebih pandai dari dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s