Ke Laut Aja !. Masa Depan Kita Ada di Laut !

Judulnya sudah eye catching. Just for anyone who are open minded, broad vision & optimisticist .

Kita ngerasain ato peduli gak sih sama bangsa dan negara kita ini ?. Saat ini daratan Indonesia sudah luluh lantak. Bayangkan betapa rawan dan kompleksnya kondisi masa depan daratan Indonesia :

1. Bencana alam karena kerusakan hutan
2. Lahan – lahan yang dipergunakan tidak pada tempatnya
3. Penguasaan lahan oleh orang berduit lalu membangun area yang merusak kestabilan lingkungan hidup dan kesejahteraan penduduk sekitar
4. Ledakan jumlah penduduk dibandingkan jumlah lahan pemukiman
5. Penggerusan tanah wilayah Indonesia oleh negara tetangga
6. Ancaman pengalihan otoritas pulau pulau di batas negara ke negara tetangga
7. Beroperasinya bajak laut atau penyelundupan apa saja termasuk minyak bumi melalui laut
8. Ketidak pedulian atau peduli tapi gak punya solusi, atau punya solusi tapi gak berdaya eksekusi dari pemerintah Indonesia
9. apa lagi yaaa…… ???

Ditambah lagi isu pemanasan global ( Global Warming) yang mengancam dengan naiknya permukaan laut.

Coba pikir. PIKIR !. Bagaiman amsa depan kita ato anak cucu kita ?. Hayo…. bagaimana ini ?.

Nah, kalo daratan sudah jadi masalah dan kompleks untuk diselesaikan — bagaimana kalo kita kembangkan kehidupan kita kelak di atas laut saja !. Setuju ?.

Bayangkan, seandainya kita kembangkan teknologi kelautan, teknologi koloni dilautan, kita bisa membangun koloni diatas laut.

Kalau Amerika sudah bisa menemukan teknologi membangun koloni di luar angkasa, mari kita cari teknologi untuk membangun koloni diatas laut. Bagaimana membangun sebuah kota yang aman dari goncangan ombak, aman dari tsunami, yang fleksibel tanpa harus menggangu komunitas didalamnya.

Susah bayangin bentuknya. Bayangin saja sebuah pelampung bulat raksasa yang terapung di atas air. Kebayang kan ?. bahkan kalau dikasi tiang fleksibel ditengahnya, pelampung bisa diangkat dari permukaan sehingga bisa berada diatas permukaan, atau malah dibawah permukaan.

Kita bisa membangun ribuan koloni yang tersebar dari ujung utara ke selatan hingga ujung barat ke timur. Setiap koloni adalah sebuah kota berpenghuni dengan fasilitas lengkap seperti didaratan. Mulai hunian, sekolah, kantor, mall, gedung bertingkat serta fasilitas umum seperti hutan buatan, taman. Pokoknya gak beda sama di daratan.

Mau olah raga balap mobil, ada juga lho. Mau balapan di arena bawah laut…? bisa.
Ada restoran bawah laut sampai restoran tertinggi di koloni.
Produksi makanan, ada sawah organik, ada peternakan organik.
Mau buang sampah, ada fasilitas recycle.
Mau berkunjung ke koloni lain, ada transportasinya.

Bayangkan bagaimana kita bisa menyelamatkan umat manusia Indonesia dari kehancuran, akibat desakan pertumbuhan penduduk, desakan keamanan batas wilayah negara, dll.

Sayang sekali mental masayarakat kita belum mau memikirkan keadaan jauh kedepan. Bisanya hanya mikirin jangka pendek saja. Tapi saya tetap yakin. Generasi kita kedepan akan jauh lebih baik dari kita baik dari cara berpikir maupun mentalitasnya.

 

(C) Papario, Maret 2007

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s