Berapa Usiamu ?

Renungan ini saya dapat waktu diajak Ketua Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) Bp. Kasir Iskandar, mengikuti Rapat Kerja PAI di Grand Melia-Kuningan,th 1999. Pembicara tamu waktu itu seorang Mantan Menteri. Satu hal yang selalu saya ingat dari beliau :

“Kalau ditanya umur saya berapa, saya akan jawab 60 (kalau tidak salah). Tapi sebenarnya itu adalah Umur Biologis.Umur sesuai hitungan tanggal lahir.

Tapi saya merasa baru berusia 40. Karena saya rajin berolah raga dan makan makanan sehat, tidak merokok dan tidak makan junk food. Itu Umur Psikologis.

Saya juga merasa baru berusia 30. Karena saya masih rajin mengajar, memberi seminar, mengikuti pendikan dan mengupdate ilmu saya. Saya tidak seperti orang jompo yang hanya duduk di kursi, nonton TV dan tidur sepanjang hari. Itu adalah Umur Intelektual.

Tapi saya merasa masih seperti anak kecil dimata Tuhan. Karena dari sekian banyak anak saya hanya sedikit yang saya lihat berperilaku seperti orang beriman dan memperhatikan orang tua. Yang lain, saya ihat belum berperilaku seperti orang beriman . Saya baru merasa sebagai orang dewasa dimata Tuhan( Umur Spiritual), bila saya telah dapat menciptakan anak – anak yang soleh. Bukankah itu tujuan hidup kita didunia sebagai orang tua ?


re-tell from PAI meeting 1999

 

 

One response to “Berapa Usiamu ?

  1. hmm umur berapa ya saya nih…

Tinggalkan Balasan

